Wednesday, December 22, 2010

Program, Bahasa Pemrograman dan Pemrograman

Pasti Kata-kata diatas sudah sangat familiar bukan? Tapi kita sering susah membedakan lho di antara ketiganya, alhasil menjadikan pengertian yang kurang tepat dan tidak sesuai tempatnya. Dalam postingan saya sekarang ini saya akan mengupas tentang 3 kata ajaib tersebut dan mengenal lebih dekat lagi. Kenapa ajaib? yah karena ketiga kata diatas benar benar membuat revolusi yang luar biasa di dunia teknologi, dengan perubahan yang sebegitu cepatnya kita mampu merasakan atmosfir yang berbeda hanya dalam beberapa tahun saja. Yuk kita mulai :

Program adalah kata atau pernyataan yang disusun atau dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah.

Bahasa Pemrograman adalah teknik komunikasi standar untu mengekspresikan intruksi kepada komputer seperti bahasa manusia bahasa pemrograman juga memiliki tata tulis dan aturan tertentu.

Pemrograman adalah proses pengimplementasian urutan langkah penyelesaian masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman

Itulah mengapa belajar memprogram berbeda dengan belajar bahasa pemrograman. Jika belajar memprogram maka kita belajar membuat logika dan algoritma penyelesaian suatu masalah, setelah itu baru kita konversikan ke bahasa pemrograman, sedangkan untuk belajar bahasa pemrograman kita akan belajar membuat source code atau sintaksisnya.

Kategori Bahasa Pemrograman

Dalam bahasa pemrograman kita mengenal tingkatan seperti berikut :

1. Bahasa Pemrograman tingkat tinggi, yang termasuk dalam level ini cirinya mudah dimengerti karena kedekatannya dengan bahasa sehari-hari, menggunakan compiler untuk menerjemahkan pernyataan programnya. Contohnya JAVA, C++, Pascal

2. Bahasa Pemrograman tingkat menengah, intruksi yang digunakan sudah mendekati bahasa sehari-hari meskipun masih cukup sulit dimengerti karena menggunakan singkatan-singkatan, contoh bahasa pemrograman golongan ini adalah FORTRAN

3. Bahasa Pemrograman tingkat rendah, bahasa generasi pertama ini sulit dimengerti karena intruksinya menggunakan bahasa mesin (bahasa assembly) , pemetaan intruksinya satu persatu yang diterjemahkan menggunakan assembler.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi mempunyai banyak keuntungan selain mudah ditulis, mudah dibaca , mudah di cari kesalahan nya dan portabel untuk berbagai platform. Inilah jawaban mengapa bahasa tingkat tinggi berkembang dan banyak digunakan saat ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.